Minggu, 15 Januari 2017

Penduduk Miskin Paling Banyak di Jawa ?


Penduduk Miskin Paling Banyak di Jawa?

    Kemiskinan adalah keadaan di mana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. 
Jawa adalah sebuah pulau di Indonesia dan merupakan terluas ke-13 di dunia. Dengan jumlah penduduk sekitar hampir 160 juta, pulau ini berpenduduk terbanyak di dunia dan merupakan salah satu tempat terpadat di dunia. Meskipun hanya menempati urutan terluas ke-5, Pulau Jawa dihuni oleh 60% penduduk Indonesia, Angka ini turun jika di bandingkan sensus penduduk tahun 1905 yang mencapai 80,6% dari seluruh penduduk indonesia penurunan penduduk di pulau jawa secara persentase di akibatkan perpindahan penduduk(Transmigrasi) dari pulau jawa ke seluruh indonesia. Ibu kota Indonesia, Jakarta, terletak di Jawa bagian barat laut (tepatnya di ujung paling barat Jalur Pantura).
Jawa adalah pulau yang relatif muda dan sebagian besar terbentuk dari aktivitas vulkanik. Deretan gunung-gunung berapi membentuk jajaran yang terbentang dari timur hingga barat pulau ini, dengan dataran endapan aluvial sungai di bagian utara.
Banyak sejarah Indonesia berlangsung di pulau ini. Dahulu, Jawa adalah pusat beberapa kerajaan Hindu-Buddha, kesultananIslam, pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, serta pusat pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pulau ini berdampak besar terhadap kehidupan sosial, politik, dan ekonomi Indonesia.


    Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan jumlah penduduk miskin pada September 2016 paling banyak berada di Pulau Jawa. Namun jika dilihat secara persentase, kemiskinan terbesar berada di wilayah Maluku dan Papua. Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, dari sisi jumlah, sebagian besar penduduk miskin masih berada di Jawa, yaitu sebesar 14,83 juta orang. Sedangkan jumlah penduduk miskin terendah berada di Kalimantan sebesar 970 ribu orang.

    ‎Sementara jika dilihat dari persentase penduduk miskin, Maluku dan Papua menempati urutan pertama dengan 21,98 persen. Sedangkan persentase penduduk miskin terendah barada di Kalimantan sebesar 6,‎45 persen. "Secara persentase yang tertinggi di Maluku dan Papua, dan terendah di Kalimantan‎. Komposisi ini tidak banyak berubah. Persentase penduduk miskin tertinggi ada di Indonesia timur‎," kata dia.
    Suhariyanto menuturkan, dalam mengukur tingkat kemiskinan, BPS menggunakan konsep kemampuan memenuhi kebutuhan dasar. Dengan pendekatan ini, kemiskinan dipandang sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar baik berupa makanan maupun bukan makanan yang diukut dari sisi pengeluaran.
Penyebab timbulnya kemiskinan sendiri adalah,
1.    Pertumbuhan penduduk indonesia yang terus meningkat
2.     Pendapatan penduduk yang di dapatkan dari hasil pekerjaan yang mereka lakukan relatif tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari sedangkan ada sebagian penduduk di Indonesia mempunyai pendapatan yang berlebih.
3.    Tingkat pendidikan yang rendah
4.    Kurangnya perhatian dari pemerintah
5.    Distribusi yang tidak merata.


Sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar