Sabtu, 01 Juni 2019

World Wide Web / WWW

World Wide Web / WWW

                                

    WWW merupakan kepanjangan dari (World Wide Web) yang dapat diartikan sebagai suatu ruang informasiyang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet. Dengan kata lain www juga bisa diartikan sebagainama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser.
    Dengan adanya WWW, kita bias menerima berbagaimacam informasi dalam berbagai format.WWW sering disebut juga sebagai protocol pada sebuah URL (Uniform Resource Locator).Fungsi WWW sendiri sebenarnya adalah menyediakan data serta informasi yang dibutuhkan untuk dapat dipergunakan bersama.
    WWW pertama kali dikembangkan di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Sekitartahun 1989 Berners-leemembuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah bias dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

3 layanan dan manfaat World Wide Web, diantaranya adalah :

1. Web Mail Service digunakan untuk mengirimkan surat elektronik kepada orang lain. Layanan ini bisa didapatkan secara gratis maupun berbayar. Layanan email gratis misalnya dari Gmail.com, Yahoo.com, dan hotmail.com. Sedangkan email berbayar ini biasanya untuk keperluan perusahaan dengan menggunakan domain sendiri.

2. Search Engine atau mesin pencari merupakan layanan gratis untuk mencari informasi berdasarkan kata kunci tertentu. Search engine yang cukup populer saat ini adalah Google, dan Bing.

3. Web Hosting adalah tempat untuk menyimpan data base sebuah website. Sebuah website hanya bisa diakses jika domain website tersebut terhubung dengan web hosting tempat menyimpan data base.

Beberapa Istilah yang berhubungan dengan WWW
  • Internet
  • Halaman Web (Web Page)
  • URL (Uniform Resource Locator)
  • Situs Web (Website)
  • Domain
  • Browser
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar