1.
Pengertian Multimedia
Saat ini kita
hidup di era teknologi informasi, era dimana alat - alat teknologi digital
dilahirkan. Lahirnya penemuan - penemuan di bidang teknologi adalah untuk
mempermudah pekerjaan manusia. Komputer, internet, email, dan lainnya merupakan
deretan penemuan besar manusia yang tercipta di era saat ini. Penemuan -
penemuan tersebut telah memiliki sumbangsih nyata dalam membantu mempermudah
pekerjaan manusia.
Selain bertujuan
mempermudah pekerjaan manusia, penemuan - penemuan di bidang teknologi
informasi juga bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan manusia yang semakin
kompleks. Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai inovasi di dunia
teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, terutama kebutuhan
informasi dan hiburan. Dan salah satu penemuan yang paling dikenal adalah
munculnya istilah multimedia. Maka kemudian banyak diciptakannya alat - alat
yang mendukung konsep multimedia ini.
Secara bahasa, multimedia terdiri dari dua
suku kata, yaitu multi dan media. Multi berarti banyak atau bermacam - macam,
sedangkan media berarti alat atau sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan
informasi atau pesan. Jadi, menurut bahasa multimedia dapat diartikan sebagai
alat - alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi.
Multimedia
digunakan dalam berbagai bidang, seperti bidang informatika, pendidikan,
bisnis, dan lain sebagainya. Dalam bidang informatika, multimedia digunakan
untuk membuat game dan website. Sedangkan pada bidang pendidikan, multimedia
digunakan sebagai media pengajaran baik di dalam kelas, maupun secara otodidak.
Pada bidang bisnis, multimedia digunakan sebagai iklan, produk, dan
sistem e-learning.
Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu :
A. Multimedia Content Production
Multimedia content
production adalah penggunaan beberapa media yang dapat berupa teks, audio,
grafik, animasi, video yang berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau
menghasilkan produk multimedia seperti musik, film, game, dan lain-lain. Dalam
kategori ini media yang digunakan berupa media teks atau tulisan, media audio
atau suara, media animasi, media gambar, media grafik, dan media spesial
effect.
B. Multimedia Communication
Multimedia
communication adalah pengguaan media seperti televisi, radio, majalah, dan
internet untuk mepublikasikan material periklanan, entertainment, berita,
pendidikan, dan lain-lain. Dalam kategori ini media yang digunakan berupa
televisi, radio, film, media cetak, musik, game, dan tutorial.
2. Konsep Dasar Multimedia
Mulimedia
adalah penggunaan komputer untuk menggabungkan informasi berupa teks, gambar,
suara, animasi, atau bahkan video untuk ditampilkan kepada pengguna komputer.
Ada dua jenis multimedia, yaitu multimedia linier (tetap) dan multimedia
interaktif (dapat dikendalikan). Pada multimedia interaktif pengguna diberikan
fasilitas untuk mengendalikan atau memainkan elemen - elemen multimedia yang
tersedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur
dari elemen yang terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai atau pengguna,
maka interactive multimedia tersebut berubah menjadi hypermedia.
Contoh mudah multimedia linier adalah media televisi.
Dalam pemanfaatan
televisi tidak terjadi suatu interaksi dari pengguna untuk mampu mengendalikan
objek multimedia yang dihasilkan. Sedangkan multimedia interaktif yaitu pada
game dan aplikasi komputer. Pengguna diberikan fasilitas kontrol agar
multimedia dapat berubah sesuai keinginan. Orang atau kelompok yang merancang
dan membangun sebuah multimedia disebut Multimedia Developer.
3.
Tujuan Dasar Multimedia
Pemanfaatan
multimedia memiliki tujuan - tujuan dasar sebagai berikut :
·
Meningkatkan efektifitas penyampaian
informasi.
·
Mendorong partisipasi, eksploitasi, dan
interaksi pemakai.
·
Merancang panca indra, karena bersifat
visual.
·
Memberikan kemudahan pemakaian.
4.
Elemen – elemen Multimedia
Sebuah multimedia yang baik dan mudah dipahami,
dibutuhkan elemen-elemen yang mampu menyampaikan sebuah informasi kepada
mengguna multimedia tersebut.
Elemen – elemen tersebut antara lain :
1. Teks
Teks merupakan elemen multimedia yang paling
sederhana dan mudah dimengerti. Selain itu teks lebih mudah diolah, disimpan
dan tidak banyak memakai memori dalam sebuah media penyimpanan. Ada beberapa
jenis media teks antara lain plain text, rich format text, dan hyper
text. Plain Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk kode
ASCII.
2. Animasi
Animasi adalah bentuk gambar yang bergerak. Dengan menampilkan banyak gambar secara cepat, bergantian dan terus-menurus sehingga menghasilkan efek sebuah gambar yang bergerak. Animasi lebih menarik dibanding bantuk gambar atau grafik biasa.
Animasi adalah bentuk gambar yang bergerak. Dengan menampilkan banyak gambar secara cepat, bergantian dan terus-menurus sehingga menghasilkan efek sebuah gambar yang bergerak. Animasi lebih menarik dibanding bantuk gambar atau grafik biasa.
3. Grafik
Grafik sangat baik dalam mengilustrasikan
suatu informasi. Grafik dapat berupa kurva, foto, hasil scanner maupun
bentuk gambar lain baik dua dimensi atau tiga dimensi. Berdasarkan
pembentukkaannya, jenis grafik terbagi dua macam yaitu
Grafik Bitmap : disusun sebagai sebuah matriks
yang mempresentasikan setiap titik atau pixel dan warna. Kualitas bitmap sangat
tergantung dari resolusi pixel dan ketajaman warna. Grafik dalam bentuk ini
sangat baik dalam penyimpan foto atau gambar yang rumit. Ukuran file bitmap
terkadang berukuran cukup besar karena grafik disimpan per pixel.
Grafik Vektor : dibentuk dari hitungan
matematika sebagai dasar untuk menampilkan grafik. Grafik vektor
terbentuk dari susunan garis, bangun dua dimensi (persegi, elips, lingkaran)
yang ditempatkan secara matematis dengan koordinat, ukuran , ketebalan
dan sudut. Grafik vektor cenderung berukuran kecil dalam penyimpanannya. Selain
itu apabila diperbesar (zooming) , vektor tidak mengalami perubahan kehalusan
grafik.
4. Gambar
Gambar merupakan suatu objek yang dapat
ditampilkan dalam bentuk grafik (non teks) atau konsep yang berbentuk kode yang
tidak berelasi dengan waktu. Gambar terbagi tiga jenis yaitu visible
image, non visible image dan abstract image.
Visible image : gambar yang terlihat seperti
lukisan , foto
Non visible image : suatu objek yang bukan
gambar namun dipresentasikan dalam bentuk gambar seperti pengukur suhu, pengukur
tekanan dan jenis pengukur lainnya
Abstrak : gambar yang tidak nyata, yang berbasiskan
perhitungan aritmatika
5. Suara
Pengunaan suara atau audio ke dalam aplikasi
multimedia dapat memberikan informasi yang tidak mungkin diberikan oleh media
informasi seperti gambar, grafik ataupun teks. Contohnya untuk menginformasikan
bagaimana bunyi desiran angin tentu tidak bisa didepskripsikan oleh teks. Ada
tiga jenis suara yaitu ucapan (speech), musik dan efek suara. Selain itu
suara juga terbagi dua jenis formatnya yaitu :
1. MIDI ( Musical Instrument Digital
Interface) merupakan jenis format suara yang berasal dari instrumentasi alat
musik. Namun jenis fomat MIDI tidak dapat memainkan atau merekam bunyi atau
suara yang alamin seperti suara manusia, suara tetesa air dan lain-lain
2. WAVE merupakan jenis format musik atau suara berbasis digital yang dapat merekam dan memainkan jenis suara apapun baik real sound effect maupun suara dari manusia.
2. WAVE merupakan jenis format musik atau suara berbasis digital yang dapat merekam dan memainkan jenis suara apapun baik real sound effect maupun suara dari manusia.
6. Video
Video seperti layaknya animasi namun video lebih
cenderung hasil karya dari adegan dunia nyata yang direkam secara langsung.
Dalam video terkandung juga elemen multimedia lainnya seperti gambar ,
suara dan tulisan. Dibanding dengan elemen lainnya , video menyuguhkan
informasi lebih lengkap dan menarik.
5.
Konsep Dasar Warna dalam Multimedia
RGB (Red, Green, Blue)
Warna RGB adalah model warna additive yang bertujuan
sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan
elektronik seperti komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan
untuk tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah
hitam.
CMYK ( Cyan Maggenta Yellow Key)
CMYK (adalah kependekan
dari cyan, magenta, yellow-kuning, dan warna utamanya (black-hitam),
dan seringkali dijadikan referensi sebagai suatu proses pewarnaan dengan
mempergunakan empat warna) adalah bagian dari model pewarnaan yang sering
dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Namun ia juga dipergunakan untuk
menjelaskan proses pewarnaan itu sendiri. Meskipun berbeda-beda dari setiap
tempat pencetakan, operator surat khabar, pabrik surat khabar dan pihak-pihak
yang terkait, tinta untuk proses ini biasanya, diatur berdasarkan urutan dari
singkatan tersebut.
6.
Pemanfaatan Multimedia
Multimedia memiliki banyak manfaat dalam semua
bidang kehidupan manusia. Di bidang bisnis, multimedia dimanfaatkan sebagai
iklan yang kreatif untuk menarik konsumen. Selain itu dengan multimedia,
informasi yang disampaikan menjadi lengkap dan mudah dimengerti. Berikut ini
pemanfaatan multimedia di berbagai bidang :
1. Bidang Kesehatan dan Kedokteran
Dengan multimedia dokter dapat menganalisa penyakit
pasien dan memantau kondisi pasien lewat detak jantung, aliran darah, permukaan
paru-paru melalui tampilan monitor . Pengunaan sinar X untuk scanning tubuh
manusia dapat ditampilkan pada layar monitor. Selain itu, objek-objek
yang sangat kecil (berukuran nano) dapat dilihat melalui mikroskop yang
terhubung ke komputer. Hal lain yang dapat dilakukan dengan pemanfaatan
multimedia antara lain menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan
RS dan mengelola persediaan obat-obatan.
Multimedia sangat membantu dalam dunia pendidikan
dikarenakan beberapa hal berikut :
Multimedia dapat menampilkan objek biologi yang
sangat kecil untuk dapat dilihat dan dipelajari.
Multimedia dapat menampilkan objek yang sangat besar
dan jauh seperti planet, system tata surya, bentuk gunung, dataran tinggi dan
lainnya.
Multimedia dapat menampilan animasi dari objek yang
bergerak.
Multimedia dapat menambah daya tarik siswa untuk
mengamati berbagai objek.
3. Bidang Bisnis
Multimedia mempunyai peranan penting dalam bidang
bisnis karena dapat digunakan sebagai alat promosi. Dengan promosi yang
inovatif , kreatif dan interaktif , daya saing sebuah produk menjadi
lebih tinggi. Multimedia memiliki kelebihan untuk menarik indera dan
minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan. Pemasaran
sebuah produk akan lebih cepat dan efektif dengan penampilkan sebuah iklan yang
menarik dan mudah dimengerti. Selain itu, multimedia juga digunakan dalam
menampilkan grafik dan angka perkembangan saham, jangkauan pemasaran , data
rahasia perusahaann dan informasi mengenai klien bisnis.
4. Bidang Teknik
Di bidang teknik, multimedia dimanfaatkan dalam
berbagai aplikasi dan software simulasi yang berbasis teknik. Simulasi yang
digunakan dapat menampilkan objek-objek dua dimensi dan tiga dimensi yang dapat
membantu di bidang teknik industri, mesin dan sipil. Sementara di bidang
elektro, multimedia dapat menampilkan objek komponen beserta karakteristiknya
serta dapat menunjukkan hasil dari simulasi rangkaian berupa tampilan gelombang
, angka dan persamaan matematis.
5. Bidang Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia
dipakai terutama untuk modelling dan simulasi. Sebuah objek (zat atau
makhluk hidup) yang baru ditemukan dapat disimulasikan dalam bentuk model untuk
diteliti dan dikembangkan. Objek-objek tersebut dapat diteliti dengan
mempelajari tekstur, ukuran, dimensi dan karakternya dalam bentuk multimedia
berupa gambar, animasi dan bahkan suara.
6. Bidang Seni dan Hiburan
Multimedia banyak digunakan dalam
industri hiburan, khususnya untuk memberikan efek khusus suara dan
gambar dalam film dan animasi. Multimedia juga dimanfaatkan pada aplikasi
dan game. Pengguna diberikan fasilitas untuk mengkontrol gerak animasi dalam
game. Di kehidupan sehari-hari multimedia dimanfaatkan dengan penggunaan DVD
player dan MP3/MP4 player yang dapat menyuguhkan hiburan film,
musik dan karaoke. Selaim itu berita-berita yang dimuat di televisi dan
internet bukan hanya berupa teks namun berisi gambar, video atau bahkan animasi
dari sebuah simulasi kejadian.
7. Bidang Tranportasi dan Komunikasi
Di bidang Tranportasi, multimedia digunakan untuk
menampilkan sistem navigasi sebuah pesawat atau kapal laut. Pada navigasi
kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Untuk
sistem navigasi pesawat dapat ditentukan ketinggian pesawat, kondisi cuaca dan
kecepatan angin pada monitor sistem navigasi. Sementara di darat, jalur
kereta serta pergerakan kereta dapat dimonitoring dalam suatu tampilan monitor
di ruang kendali pusat. Selain itu, dengan multimedia , kita dapat mengetahui
kondisi jalan dan posisi kita berada dalam suatu sistem yang disebut GPS (Global
Positioning System). GPS memungkinkan pengguna untuk melacak posisi
kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking memanfaatkan
kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah obyek, lalu
menerjemahkannya dalam bentuk peta digital. Informasi yang didapat dari
GPS dapat dilihat dan disimpan dalam ponsel atau komputer.
Multimedia dimanfaatkan dalam bidang komunikasi
untuk mempermudah manusia bertukar informasi. berbagai macam objek dapat diolah
dan dikirim dengan kemudahan melalui ponsel dan komputer. Sebuah objek
multimedia dapat dikirim dengan cepat dan mudah melalui fasilitas MMS pada
ponsel. Bahkan sekarang ponsel-ponsel berbasisandroid sangat mudah dalam
pengiriman pesan multimedia.
7.
Multimedia Dalam Aplikasi Umum
Pengaruh multimedia sangat besar dan berkembang
secara pesat di masyarakat umum. Hal ini dikarenakan kemudahan yang ditawarkan
multimedia pada semua bidang kehidupan manusia. Dengan multimedia, informasi
yang ingin disampaikan akan lebih jelas, menarik, mudah dan efektif.
Selain itu penggunaan multimedia cukup mudah untuk dipelajari bagi masyarakat
awam sekalipun. Jika diamati lebih lanjut, dewasa ini masyarakat bahkan lebih
cerdas dalam mengunakan multimedia. Kemudahan multimedia membuat masyarakat
lebih tertarik menggunakan jasa internet untuk memasang iklan atau bahkan
belanja On-line. Di bidang pendidikan, guru tidak perlu repot-repot
mendemonstrasikan dengan gambar di papan tulis untuk menjelaskan suatu materi
pelajaran yang rumit dan sulit dijelaskan dengan kata-kata. Guru cukup
menggunakan proyektor yang terhubung dengan komputer atau laptop untuk
memberikan penjelasan melalui gambar, video dan animasi.
Dibalik kemudahan-kemudahan yang ditawarkan dari
keberadaan multimedia dan internet tentu ada sisi negatif. Dari sisi negatif
inilah yang apabila masyarakat tidak cerdas untuk menghindarinya akan
menimbulkan masalah bagi mereka sendiri. Beberapa hal negatif yang diakibatkan
dari penyalahgunaan multimedia internet antara lain penipuan, pornografi,
perjudian, pembobolan rekening dan lain-lain. Tentunya diwajibkan untuk
masyarakat lebih cerdas dalam penggunaan multimedia dan internet. Multimedia
dan internet , antara keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat dan sangat
dibutuhkan masyarakat dalam era yang serba cepat dan tepat. Multimedia
dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk iklan , pemasaran, demo produk dan
katalog. untuk lebih jelasnya akan dijajabarkan beberapa aplikasi umum
menggunakan multimedia.
1. Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi
periklanan, pemasaran, presentasi, demo produk, database, dan komunikasi
jaringan. Selain itu ada pelaku bisnis tetap dapat melakukan diskusi dengan
rekan bisnisnya dengan memanfaatkan video conference, yang
memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada
didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah,
perusahaan – perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.
2. Pendidikan
Dengan multimedia , guru dapat menggunakan tutorial
yang berisi gambar, video , animasi dan wacana untuk memberikan materi. Dengan
cara seperti ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional
menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar – mengajar tidak
terlalu monoton. Selain itu ada juga fasilitas simulasi dan E-learning yang
dapat membantu siswa dan pengajar dalam mensimulasikan hal-hal yang sulit.
3. Rumah
Di rumah banyak media elektronik yang dapat
menyuguhkan elemen -elemen multimedia antara lain televisi, DVD player, VDC
player, video game ( Playstation, Sega, Nintendo, X box), dan komputer
tentunya. Penggunaan multimedia di rumah selain untuk hiburan yang positif
yaitu untuk media pembelajaran serta media pemersatu anggota keluarga. Dengan
menonton TV atau video bersama- sama dengan semua anggota keluarga ( Orang tua
dan anak) tentu akan mendekatkan ikatan keluarga serta membantu pengawasan
dalam penggunaan multimedia.
4. Tempat umum
Melalui internet dan fasilitas multimedia ,
masyarakat akan dengan mudah menemukan informasi suatu tempat umum baik secara
letak, kondisi jalan dan kondisi cuaca. Selain itu, aplikasi
multimedia di tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat
pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya.
aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi
dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan.
8.
Internet Based
Internet memiliki sejarah yang panjang dari awal
ditemukannya sampai saat ini. Sejak ditemukan sekitar tahun 1969, internet
mengalami banyak pengembangan dan perbaikan hingga akhirnya bisa seperti saat
ini. Internet juga memiliki suatu sistem yang menghubungkan antara komputer
satu dengan komputer yang lainnya yang masing - masing terpisah oleh suatu
jarak dan harus berinteraksi baik secara synchronous maupun asynchronous.
Synchronous adalah suatu sistem dimana
interaksi antara komponen - komponen yang saling berhubungan, dapat terjadi
secara bersamaan atau real time. Sedangkan asynchronous adalah
proses interaksi yang terjadi dalam waktu yang bersamaan. Jadi, internet
based adalah suatu sistem atau proses yang menghubungkan pengguna internet
dengan berbagai macam sumber pengetahuan yang saling berinteraksi baik
secara synchronus maupun asynchronous berbasis teknologi
informasi dengan antar web.
Daftar Pustaka :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar