Organisasi Komputer
A.
Organisasi komputer
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait
erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun
sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek
organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi
memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Organisasi komputer berkaitan dengan unit-unit
operasional komputer dan berhubungan dengan komponen sistem komputer, seperti
hardware, sinyal kontrol, interface, teknologi memori.
Arsitektur
komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang
terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmatika yang
digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki
instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural.
Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung
ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
B.
ARSITEKTUR KOMPUTER
Arsitektur komputer adalah gaya
konstruksi dan organisasi antara komponen-komponen yang terkait dalam suatu
perangkat sistem komputer. Walaupun setiap komputer pada dasarnya sama yaitu
bekerja pada sebuah sistem digital, namun terdapat berbagai variasi dalam konstruksinya
yang dapat membedakan cara penggunaan komputer.
Ada beberapa tingkatan dalam
arsitektur komputer, pada konstruksi dan organisasi sistem komputer memiliki
perbedaan sederhana diantara tingkatan tersebut yaitu perbedaan antara hardware
dan software.
1. TINGKATAN DASAR ARSITEKTUR KOMPUTER
Pada tingkatan dasar ini, hardware menempati
tingkatan dasar dalam arsitektur komputer. Sedangkan satu tingkat diatasnya
adalah software. Software berada ditingkat diatas hardware karena hardware
mendukung
software
dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software.
2.
Multilayered Machine
Tingkatan
dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem
komputer keseluruhan sebagai “Multilayered Machine” yang terdiri dari beberapa
layer software di atas beberapa layer hardware.
Keterangan
:
·
Physical Device layer, merupakan komponen-komponen elektrik
dan elektronik yang digunakan dalam arsitekturisasi komputer. Physical layer
merupakan salah satu yang terpenting dalam arsitektur komputer.
·
Digital Logic Layer, pada dasarnya elemen ini dapat
menyimpan, memanipulasi, dan mentransmisikan data dalam bentuk biner sederhana.
·
Microprogrammed Layer, layer ini menginterpretasikan
instruksi bahasa mesin dari layer mesin dan secara langsung menyebabkan elemen
logika digital menjalankan operasi yang dikehendaki.
·
Machine Layer, tingkatan ini merupakan tingkatan paling bawah
dalam suatu hardware. Dalam programnya layer ini harus menggunakan instruksi
bahasa mesin.
·
Operating System Layer, layer ini berfungsi sebagai pengatur
cara yang dilakukan software dalam menggunakan hardware, dan hardware harus
memberikan fasilitasnya sendiri untuk memungkinkan software menggunakan
hardware tersebut secara lebih mudah.
·
Higher Order Software Layer, layer ini mencakup semua program
dalam bahasa selain bahasa mesin yang memerlukan penerjemahan kedalam bahasa
mesin sebelum mereka menjalankan perintah yang dimaksud.
·
Aplications Layer, merupakan bahasa komputer seperti yang
dilihat oleh end-user.
C.
STRUKTUR KOMPUTER
Struktur
komputer dalah sebuah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan
dunia luar. Interaksi dengan dunia luar dilakukan melalui perangkat peripheral
dan saluran komunikasi.
Terdapat
4 struktur utama :
1.
Central Processing Unit ( CPU ) berfungsi sebagai pengontrol
operasi komputer dan pusat pengolahan fungsi–fungsi komputer.
2.
Memori Utama berfungsi sebagai penyimpan data.
3.
I/O berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau
perangkat lainnya.
4.
System Interconnection merupakan sistem yang menghubungkan
CPU, memori utama dan I/O.
A. INPUT DEVICE
Input Device adalah perangkat keras komputer
yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam sebuah
komputer.
Contohnya :
a. Keyboard
Keyboard digunakan untuk mengetik teks dan angka ke dalam pengolah kata, editor teks atau program lainnya. Sebuah keyboard komputer membedakan setiap tombol fisik dari setiap lain dan laporan semua penekanan tombol pada software.
Keyboard digunakan untuk mengetik teks dan angka ke dalam pengolah kata, editor teks atau program lainnya. Sebuah keyboard komputer membedakan setiap tombol fisik dari setiap lain dan laporan semua penekanan tombol pada software.
b. Mouse
Mouse adalah perangkat yang digunakan untuk menunjuk posisi kursor pada layar komputer. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memilih item yang disimpan pada komputer dan melakukan sebuah tindakan untuk menjalankan komputer.
Mouse adalah perangkat yang digunakan untuk menunjuk posisi kursor pada layar komputer. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memilih item yang disimpan pada komputer dan melakukan sebuah tindakan untuk menjalankan komputer.
c. Scanner
Scanner adalah suatu untuk memindahkan objek yang terdapat diatas lensa scanner ke dalam memori penyimpanan pada komputer. Jadi jika diatas lensa scanner terdapat sebuah kertas yang berisi teks ataupun gambar, nantinya isi yang ada pada kertas yang bersangkutan ini akan dipindahkan secara keseluruhan ke dalam komputer.
Scanner adalah suatu untuk memindahkan objek yang terdapat diatas lensa scanner ke dalam memori penyimpanan pada komputer. Jadi jika diatas lensa scanner terdapat sebuah kertas yang berisi teks ataupun gambar, nantinya isi yang ada pada kertas yang bersangkutan ini akan dipindahkan secara keseluruhan ke dalam komputer.
B. OUTPUT DEVICE
Output Device adalah sebuah perangkat keras
komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil keluaran sebagai hasil dari
pengolahan data. Keluaran/output dapat berupa hard-copy (kekertas), soft-copy
(ke monitor), ataupun berupa suara.
Contohnya :
a. Monitor
Sebuah layar pada komputer yang digunakan
untuk menampilkan tampilan berupa soft-copy atau software yang ada pada
komputer. Terdapat 3 jenis monitor, yaitu :
- CRT (Cathode Rays Tube)
- LCD (Liquid Crystal Display)
- LED (Light Emitting Diode).
b. Printer
Sebuah alat yang digunakan untuk mencetak
atau mengeluarkan hasil output dalam bentuk hard-copy atau kertas.
c. Speaker
Sebuah alat yang digunakan untuk mengeluarkan
hasil output berupa suara atau voice.
C. INPUT/OUTPUT PORTS
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun
mengirim data keluar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung
melalui port ini.
CPU (Central Processing Unit)
Central Processing Unit (CPU) merupakan otak
dari sebuah sistem komputer. CPU memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu
:
1. Arithmetical
Logical Unit (ALU) sebagai pusat sebuah pengolah data.
2. Control Unit
(CU) digunakan untuk mengontrol kerja dari komputer. Biasa disebut dengan
processor.
Komponen-komponen yang terdapatdalam CPU adalah :
Komponen-komponen yang terdapatdalam CPU adalah :
a. Mainboard
Motherboard atau mainboard merupakan papan
utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas
mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard
b. Processor
Processor berfungsi untuk mengontrol keseluruhan
jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari
komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
D.
MEMORY
Memori adalah bagian fungsional
komputer yang berfungsi untuk menyimpan program dan data.
A. RAM ( Random Access Memory )
RAM ( Random Access Memory ) adalah memori yang dapat dibaca atau ditulis. Data dalam sebuah RAM bersifat volatile, artinya data akan terhapus bila tidak ada aliran listrik. Karena sifat RAM yang volatile, maka program komputer tidak tersimpan di dalam RAM. RAM hanya digunakan untuk menyimpan data sementara.
B. ROM ( Read Only Memory )
A. RAM ( Random Access Memory )
RAM ( Random Access Memory ) adalah memori yang dapat dibaca atau ditulis. Data dalam sebuah RAM bersifat volatile, artinya data akan terhapus bila tidak ada aliran listrik. Karena sifat RAM yang volatile, maka program komputer tidak tersimpan di dalam RAM. RAM hanya digunakan untuk menyimpan data sementara.
B. ROM ( Read Only Memory )
ROM
( Read Only Memory ) adalah memori yang hanya dapat dibaca. Data yang tersimpan
dalam ROM bersifat non-volatile, artinya data tidak akan terhapus meskipun
tidak ada aliran listrik. Maka ROM dipergunakan untuk menyimpan program. Ada
beberapa tipe ROM, diantaranya ROM murni, PROM, dan EPROM.
Unit
Masukan ( I/O )
Unit
Masukan ( I/O ) berfungsi untuk menerima masukan kemudian membacanya dan diteruskan
ke Memory / penyimpanan. Dalam hubungan ini dikenal istilah peralatan masukan
yaitu alat penerima dan pembaca masukan serta media masukan yaitu perantaranya.
Berikut beberapa alat contoh unit masukan :
·
Keyboard, merupakan piranti masukan yang terdiri dari
kumpulan huruf, angka dan karakter khusus. Keyboard juga memberikan kemudahan
bagi user untuk memberikan perintah yang diperlukan apabila menekan kombinasi
antara karakter yang ada pada keyboard dengan tombol-tombol tertentu
·
Mouse, berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursor secara
cepat
·
Scanner, berfungsi untuk menyalin file atau dokumen baik
berupa teks atau gambar menjadi teks atau gambar digital
– Floppy Disk Drive, berfungsi untuk menulis, membaca data, dan merekam data
– Floppy Disk Drive, berfungsi untuk menulis, membaca data, dan merekam data
·
CD-ROM ( Compact Disc-Read Only Memory ), berfungsi untuk
membaca CD ( Compact Disc ) atau VCD ( Video Compact Disk ) pada komputer
·
CD-RW ( Compact Disk-Read and Write ), yaitu alat
serupa CD-ROM. Namun selain dapat membaca CD, dapat juga merekam data ke
CD
·
DVD-ROM ( Digital Video Disc-Read Only Memory ), adalah alat
untuk membaca CD, VCD, atau DVD pada komputer
·
DVD RW ( Digital Video Disc-Read and Write ), yaitu alat
seperti DVD-ROM namun selain dapat membaca CD, VCD dan DVD, dapat juga merekam
data pada keping DVD
– Touchpad, biasanya terdapat pada notebook. Memiliki fungsi yang sama dengan mouse namun dalam penggunaannya hanya cukup dengan memberikan sentuhan jari
– Touchpad, biasanya terdapat pada notebook. Memiliki fungsi yang sama dengan mouse namun dalam penggunaannya hanya cukup dengan memberikan sentuhan jari
·
Joystick, merupakan alat yang biasa digunakan pada permainan
komputer
·
Light pen, yaitu pointer elektronik untuk memodifikasi dan
mendesain gambar dengan screen ( monitor )
·
Barcode, berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk
kotak atau garis-garis vertikal tipis dan tebal yang selanjutnya diterjemahkan
dalam bentuk angka-angka. Biasanya kode barcode ini ditemukan pada kemasan
makanan, minuman, buku, alat elektronik, serta produk-produk. Biasanya barcode
ini memudahkan kasir yang ada di toko swalayan atau departemen store untuk
mengidentifikasi suatu barang yang dibeli
·
Kamera digital, merupakan kamera modern yang telah
dimodifikasi sehingga tidak memerlukan roll film. Kamera ini dapat langsung
dihubungkan dengan komputer melalui kabel data, sehingga memudahkan user untuk
mentransfer data baik berupa gambar digital maupun video
·
Voice input, adalah alat yang berfungsi untuk merubah suara
sehingga terekam ke dalam komputer menjadi suara digital
·
Graphics pads, Merupakan suatu piranti yang dapat digunakan
untuk menggambar suatu objek pada monitor
Daftar pustaka ;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar